CNN Indonesia Bacaan 2 menit

Ini Aturan Pesangon dan Kompensasi Terbaru bagi Buruh yang Terkena PHK

Ini Aturan Pesangon dan Kompensasi Terbaru bagi Buruh yang Terkena PHK
Pekerja yang terkena PHK berhak memperoleh uang pesangon hingga 9 bulan upah, uang penghargaan masa kerja hingga 10 bulan upah, serta uang penggantian hak. (FOTO:CNN Indonesia/Adi Ibrahim).

Pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berhak memperoleh uang pesangon hingga 9 bulan upah, uang penghargaan masa kerja (UPMK) hingga 10 bulan upah, serta uang penggantian hak (UPH).

Ketentuan tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan yang resmi berlaku pada 28 Oktober 2026.

"Dalam hal terjadi Pemutusan Hubungan Kerja, Pemberi Kerja wajib membayar uang pesangon dan/ atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima dengan faktor pengali sesuai dengan alasan Pemutusan Hubungan Kerja," bunyi Pasal 232 ayat (1) beleid tersebut.

Beleid tersebut mengatur skema besaran uang pesangon utama diberikan secara berjenjang berdasarkan masa kerja melalui Pasal 232 ayat (2).

Lanjutkan membaca di CNN Indonesia

Kutipan awal dari CNN Indonesia, ditulis oleh https://www.facebook.com/CNNIndonesia. Hak cipta artikel milik penerbit.

Berita lainnya untuk Anda