Aturan Lembur Berubah, Perusahaan Wajib Minta Persetujuan Pekerja
:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/4665617/original/086927100_1701140014-Ilustrasi_karyawan__bekerja__suasana_kantor.jpg)
Liputan6.com, Jakarta - Masalah kerja lembur menjadi salah satu materi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan. Dalam ketentuan terbaru ini, perusahaan wajib mendapatkan persetujuan pekerja sebelum mempekerjakan karyawan melebihi waktu kerja normal.
Ketentuan tersebut tercantum dalam Pasal 116. Selain persetujuan pekerja, perusahaan juga harus memberikan perintah lembur secara tertulis dan/atau melalui media digital.
UU ini menetapkan batas waktu lembur paling lama empat jam dalam satu hari dan 18 jam dalam satu minggu. Namun, batas tersebut tidak berlaku bagi sektor usaha atau pekerjaan tertentu.
Perusahaan juga wajib membayar upah lembur kepada pekerja yang menjalankan pekerjaan di luar waktu kerja normal.
Kutipan awal dari Liputan6, ditulis oleh Arthur Gideon. Hak cipta artikel milik penerbit.

:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/9393352/original/011219000_1794207440-WhatsApp_Image_2026-11-09_at_10.48.58.jpeg)

:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/3852275/original/024292600_1640770447-20211229-Stok-Beras-Bulog-Aman-Hingga-Akhir-Tahun-IQBAL-4.jpg)